Senin, 17 Desember 2012

IGA Award; Mataram Sisihkan 108 Daerah se Indonesia Katagori Pelayanan Publik

Mataram – Setelah sebelumnya berhasil menjadi nominator 30 besar penerima penghargaan 2012 dari 108 kabupaten/kota se Indonesia yang dinilai memiliki inovasi pada tanggal 8 Oktober 2012 lalu. Kini  Kota Mataram  berhasil meraih tiga besar Nominator Unggulan  Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2012 untuk  katagori Peningkatan Pelayanan Publik melalui Program LISAN (Lingkungan Dengan sampah Nihil).
Terpilihnya Kota Mataram sebagai salah satu nominator unggulan penghargaan IGA, ditandai dengan penyerahan piagam  IGA 2012  kepada Walikota Mataram H. Ahyar Abduh dari  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri
(Kemendagri) Republik Indonesia, Ibu Diah Anggraini di studio 7 TVRI Nasional Jumat (7/12).
Walikota Mataram H. Ahyar Abduh melalui Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mataram, Ir. H. Efendi Eko Saswito, MM Senin (10/12) mengatakan keberhasilan Kota Mataram menjadi nominator unggulan IGA 2012 tidak terlepas dari dukungan dan peran serta masyarakat di Kota Mataram yang telah berinisiasi melaksanakan program LISAN.
“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Mataram menyampaikan terima kasih kepada semua masyarakat Kota Mataram khususnya masyarakat Kecamatan Selaparag (tempat pelaksanaan program Lisan-red), dan semoga bisa menjadi motivasi bagi wilayah lainnya di Kota Mataram,” katanya.
Lebih jauh Eko menjelaskan, penyerahan penghargaan nominator unggulan IGA 2012 Jumat pekan lalu, merupakan hasil verifikasi terakhir dari seluruh kabupaten/kota se Indonesia. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kota Mataram sekaligus motivasi untuk terus berinovasi dalam upaya peningkatan pelayan publik.
Ditanya kendala Kota Mataram belum menjadi pemenang utama, Assisten Perekonomian Pembangunan mengungkapkan, secara keseluruhan program LISAN mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Sebab LISAN dinilai terobosan yang sangat bagus dan bersifat inovatif, namun cakupannya baru dilaksanakan pada satu kecamatan.
Terkait dengan itu Pemkot Mataram terus meningkatkan program LISAN salah satunya menjadikan program LISAN menjadi program Kota Mataram, sehingga dapat diterapkan di semua Kecamatan.
Keseriusan Pemkot Mataram tersebut terbukti dengan sedang digodoknya Peraturan Walikota (Perwal) tentang program LISAN, bahkan ke depan akan dijadikan sebagai Perda (Peraturan daerah).
“Di samping itu, Pemkot Mataram terus melakukan terobosan- terobosan yang bersifat inovatif dalam bidang-bidang lain, dalam rangka peningkatan pelayanan publik, sementara bentuknya akan disesuaikan,” katanya lagi.
Untuk diketahui, Pemerintah Kota Mataram, berhasil masuk nominator unggulan  IGA 2012 pada katagori Pelayanan Publik melalui Program LISAN, karena Program tersebut dinilai sebuah terobosan yang dianggap inovasi dengan konsep proses bottom up yang merupakan inisiasi dari masyarakat yang dibuat  menjadi program unggulan. Penilain dilakukan tanpa sepengetahuan daerah bersangkutan

0 komentar:

Posting Komentar